Pelindo II Dorong Pertumbuhan Agrobisnis

20 Mei 2013

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II bekerja sama dengan beberapa perusahaan multinasional akan membangun tangki timbun curah cair untuk komoditas kelapa sawit guna mendorong pertumbuhan perdagangan agrobisnis. "Segala persiapan segera dilakukan agar kerja sama ini dapat berjalan secepatnya. Pembangunan harus segera direalisasikan untuk mendorong pertumbuhan perdagangan khususnya di sektor curah cair," kata Direktur Utama Pelindo II RJ Lino dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Minggu. Menurut Lino, pembangunan di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu sejalan dengan arahan Menteri BUMN Dahlan Iskan bahwa Bengkulu harus menjadi pemantik aktif kegiatan perekonomian pantai barat Sumatera. Pelindo telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan lima per ... Selengkapnya »

Share :     




Pelindo II Terapkan Sistem 24 jam-7 hari di Pelabuhan Pulau Baai

07 Mei 2013

Manajemen Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Bengkulu mengimplementasikan sistem jasa kepelabuhanan yang beroperasi selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu (24/7) di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu. Sistem baru itu merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan efisiensi pelabuhan.Berbekal sistem yang diberlakukan pada 2013 ini, pelabuhan juga dapat melayani kebutuhan pelanggan setiap saat. "Pelabuhan Pulau Baai, sebagai salah satu infrastruktur utama penunjang ekonomi di wilayah Bengkulu, diharapkan dapat menyokong pemerataan ekonomi nasional yang menjadi cita-cita Indonesia Port Corporation (IPC) dan pemerintah Indonesia," kata Direktur Komersial dan Usaha PT Pelabuhan Indonesia II Saptono R Irianto dalam siaran pers tertulis.Saptono juga mengungkapkan kalau Pelindo teru ... Selengkapnya »

Share :     




Pelindo Bengkulu Siap Tambah Satu Dermaga

21 September 2012

BENGKULU, KOMPAS.com — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Bengkulu siap menambah satu dermaga di pelabuhan Pulau Baai. Dermaga tersebut nantinya akan dipakai khusus kapal pengangkut barang curah cair. Demikian disampaikan Manajer Usaha Terminal PT Pelindo II Cabang Bengkulu Sabar Haryono, Selasa (18/9/2012). Menurut Sabar, penambahan dermaga untuk barang curah cair ini merupakan bagian dari pengembangan pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu. Selama ini bongkar muat barang jenis curah cair, seperti minyak sawit mentah, masih menyatu di satu dermaga dengan peti kemas dan kargo umum. Adapun bongkar muat barang curah kering, seperti batubara, sudah dilakukan di dermaga tersendiri. Seiring dengan alur masuk pelabuhan yang sudah dapat dilalui kapal berbobot mati 40.000 ton, ke de ... Selengkapnya »

Share :     




Akhirnya Bengkulu Punya Layanan Peti Kemas

03 Juli 2012

TEMPO.CO, Bengkulu – PT Pelindo II cabang Bengkulu kemarin mendatangkan peti kemas pertama untuk bongkar-muat di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu. Layanan ini diharapkan dapat menambah nilai ekonomi masyarakat Bengkulu.General Manager PT Pelindo II Ade Hartono mengatakan kapal peti kemas yang memiliki panjang 115 meter dan dapat memuat 86 boks ukuran 20 feet (6,09 meter) itu membawa satu unit alat top floder. “Sebagian besar masih diisi semen dan barang kelontong lainnya,” kata Ade, Kamis, 10 Mei 2012.Rencananya, kapal peti kemas melayani setiap sepekan sekali dengan rute Bengkulu–Jakarta. Kapasitas kapal masih sebatas bongkar dan belum muat. Layanan muat direncanakan beroperasi pekan mendatang. Menurut Ade, manfaat peti kemas bagi Bengkulu sa ... Selengkapnya »

Share :     




PELABUHAN BAAI BUKA JALUR PENUMPANG 2012

03 Juli 2012

BENGKULU (Klik HL) - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia merencanakan membuka jalur transportasi penumpang di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu pada 2012."Kami menargetkan jalur transportasi penumpang melalui Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu bisa beroperasi pada 2012," kata Direktur Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Leon Muhammmad, Minggu (9/10).Ia mengatakan, untuk bisa merealisasikan rencana itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu diminta terus menjalin komunikasi dengan Kementerian Perhubungan, Pelindo II, dan PT Pelayaran Indonesia."Bila rencana pembukaan jalur transportasi penumpang telah dimulai, pemeliharaan alur masuk Pelabuhan Pulau Baai harus dilakukan secara rutin agar arus masuk dan keluar kapal penumpang berjalan lancar," katanya.Ia menjelaskan, sebelumnya rata-rata sek ... Selengkapnya »

Share :