Tiga BUMN Kembangkan Pelabuhan Dukung Tol Laut

26 September 2017

JPP, JAKARTA - Tiga badan usaha milik negara (BUMN) mengklaim telah mengembangkan berbagai infrastruktur pelabuhan untuk mendukung program Tol Laut yang menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Hal itu terungkap saat jumpa pers PT Pelindo I (Persero), Pelindo II (Persero) dan PT Pelindo III (Persero) di sela-sela Indonesia Business Development Expo (IBDExpo) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/9/2017). Senior Vice President Marketing dan Government Relation Pelindo III Sugiono mengatakan saat ini perusahaan mengelola 17 pelabuhan yang tersebar di di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nuta Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Sebanyak lima pelabuhan itu termasuk dalam program T ... Selengkapnya »

Share :     




SEKARANG, PANDU-TUNDA SATU ATAP DIBAWAH PELINDO CABANG

18 September 2017

Pelayaran menyambut baik penyatuan pengeloaan pandu-tunda oleh direksi Pelindo II. Sekarang dan kedepan, penanganan Pandu-Tunda di wilayah kerja PT Pelindo II, termasuk Cabang Tanjung Priok, dipastikan dibawah Cabang Pelindo masing-masing. Ungkapan tersebut dikatakan Ketua DPC INSA Jaya Capt Alimudin usai bertemu dengan Prasetyadi, Direktur Operasional PT Pelindo II pada Senin (18/9) sore di Kantor Pelindo II, Jakarta Utara, khusus membahas pandu dan tunda di pelabuhan Tanjung Priok. Untuk diketahui bahwa INSA Jaya sudah beberapa kali bersurat resmi kepada pihak Pelindo II, namun baru Senin (18/9) kemarin bisa diterima oleh direksi Pelindo II. Meski begitu, follow up untuk bagaimana menyangkut system operasional, INSA Jaya diminta supaya berhubungan dengan pihak Pelindo Cabang Tanjung Pr ... Selengkapnya »

Share :     




IPC Raih Piala Juara Umum Porseni Kementerian Perhubungan

18 September 2017

MN, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan Piala Juara Umum Pekan olahraga dan seni (Porseni) dalam rangka dirgahayu Hari Perhubungan Nasional 2017 kepada PT Pelabuhan Indonesia II/IPC yang diterima Direktur Pengelolaan Anak Perusahaan IPC Riry Syeried Jetta, bertempat di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (17/9). Selain penghargaan kepada IPC, Budi Karya Sumadi juga menghadiri acara pemutaran dua film. Film pertama bertemakan tidak mudahnya seorang navigator berlayar di laut, kemudian film ke dua bertemakan satu pulau di Indonesia bagian Timur yang indah. Kedua film rencananya akan ditayangkan pula bagi masyarakat umum. “Kita menggelar satu makna Kebhinnekaan oleh karenanya beberapa karya seni akan ditampilkan, ada dua film dan hari ini diputar. Selanjutnya KAI ... Selengkapnya »

Share :     




Pelabuhan Patimban, Pelindo II Masih Ingin Mayoritas

17 Desember 2017

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) masih berharap bisa memegang 51% saham di Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Elvyn G. Massasya, Direktur Pelindo II, mengatakan masih menunggu keputusan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kementerian Perhubungan terkait dengan operator Pelabuhan Patimban. Hal itu disebabkan adanya wacana kerja sama antara Pelindo II dengan pihak swasta dalam memegang saham 51% milik Indonesia. “Kita sudah mengajukan diri menjadi operator, untuk berada di pihak 51%, belum diputuskan [ada swasta lain atau tidak], tetapi kita sudah purpose,” kata Elvyn. Dia menyebutkan penetapan operator dari Indonesia ini akan diputuskan dalam waktu dekat, paling lambat Oktober 2017. Alasannya karena pemerintah memerintahkan gro ... Selengkapnya »

Share :     




PROYEK PELABUHAN PATIMBAN: Konsorsium BUMN-Swasta Jadi Operator Patimban

15 September 2017

KONTAN.CO.ID - Pemerintah memastikan bakal menyerahkan pengoperasian Pelabuhan Patimban ke konsorsium perusahaan swasta. Lelang operator bagi pihak swasta pun akan segera dilakukan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kementeriannya kini tengah mengkaji aspek hukum pembagian porsi operator Indonesia. Menurutnya, dari porsi 51% yang dimiliki Indonesia, nantinya akan dibagi ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Pelindo II dan pihak swasta.  Namun Luhut masih enggan merinci pembagian porsi persentase antara Pelindo II dan pihak swasta tersebut. Yang pasti, kata Luhut, setelah pemenang lelang untuk pihak swasta ditetapkan, pemerintah akan segera membentuk satu konsorsium operator. "Formatnya saat ini sedang dilihat aspek hukumnya. Itu me ... Selengkapnya »

Share :