Momentum Berikan Pelayanan Prima di Hari Perhubungan Nasional

19 September 2017

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Junaidi mengatakan dalam peringatan hari perhubungan nasional 2017 ini jadi momentum untuk saling bersinergi baik perhubungan udara, darat maupun laut dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat. "Hari ini adalah peringatan hari perhubungan nasional dan ini diperingati diseluruh provinsi. Untuk di Kalbar, peringatan pusatkan di dermaga 1 PT Pelindo II Cabang Pontianak. Ini diikuti oleh seluruh insan perhungan Kalbar, baik udara, laut dan darat," ucap Junaidi setelah pelaksanaan upacara di Dermaga I Pelindo II Pontianak, Selasa (19/9/2017). Momentum hari perhubungan nasional ini juga dijadikan segenap insan perhubungan untuk saling berbagi dan melakukan berbagai kegiatan sosial antaranya donor dar ... Read more »

Share :     




PONTIANAK OPTIMIS BISA CAPAI 236. 000 TEUS

07 September 2017

PT Pelindo II Cabang Pontianak mentargetkan kinerja bongkar muat petikemas pada tahun 2017 bisa mencapai 236.000 TEUs, atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 232.000 TEUs. GM Pelindo II Pontianak Wahyu Harianto menyatakan optimistis bahwa target itu dapat dicapai. “Kami optimis volume petikemas melalui Pontianak sebesar 236 ribu TEUs dapat tercapai di tahun ini,” kata Wahyu kepada Ocean Week, di sela acara Operation and Engineering Gathering 2017 PT Pelindo II, di Palembang, Kamis (7/9). Wahyu juga menyatakan, hampir 95% kegiatan petikemas yang melalui pelabuhan Pontianak adalah domestik, sisanya yang 5% merupakan kegiatan internasional, yakni ekspor ke Singapura. Beberapa pelayaran yang berkegiatan di pelabuhan Dwikora Pontianak ini antara lain, Tempuran ... Read more »

Share :     




Proses Pembangunan Pelabuhan Kijing Dikebut

05 September 2017

Direktur Teknik dan Manajemen Resiko PT Pelindo II, Dani Rusli Utama menyatakan, proses persiapan pembangunan pelabuhan Kijing, di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat terus dikebut dan dilakukan Pelindo II. Semua urusan administrasi untuk menunjang pembangunan pelabuhan itu terus dikebut, misalnya untuk Amdal prosesnya sudah 95%, tinggal diteken Menteri KLH. Sat ini sedang mulai dilakukan pembelian tanah, termasuk pembahasan konsesi untuk pengelolaan pelabuhan sudah mencapai 80%. “Penetapan lokasi untuk pelabuhan Kijing juga sudah keluar dari gubernur Kalimantan Barat (Cornelis-red), seluas 200 hektar,” kata Dani Rusli kepada Ocean Week, di Jakarta, Selasa (5/9). Setelah tahapan itu selesai, ungkap Dani, akan disiapkan lagi tanah seluas 2.000 hektar untuk KEK (Kawasan Ekono ... Read more »

Share :     




Kemenhub Jalin Kerjasama Dengan Bumn Untuk Pemanfaatan Barang Milik Negara

22 August 2017

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Pelayaran Tahun 2008 yang mengamanatkan adanya pemisahan antara regulator dan operator, Kementerian Perhubungan mengadakan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait Pemanfaatan Barang Milik Negara berupa Bangunan Dermaga pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Sintete. Kerja sama ini dilakukan antara Kemenhub dengan PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pontianak. "Langkah ini sebagai kebijakan untuk mengurangi beban APBN dalam pemeliharaan fasilitas pelabuhan, meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan, meningkatkan PNBP serta mendorong persaingan pengusahaan pelabuhan," jelas Menhub Budi Karya Sumadi usai penandatangan perjanjian kerjasama pemanfaata ... Read more »

Share :     




Tahap Pertama Pelabuhan Kijing Butuh Rp 2,5 Triliun

18 August 2017

REPUBLIKA.CO.ID,PONTIANAK -- Pembangunan pelabuhan ‎di Pantai Kijing, Pulau Temajo, Mempawah segera dimulai. Tahap pertama pembangunan pelabuhan internasional ini membutuhkan dana sekitar Rp 2,5 triliun."Investasi tahap pertama kita butuhnya Rp 2,5 T (triliun)," tutur Direktur Utama Pelindo II, ‎Elvyn G Masassya di Pontianak, Kamis (17/8). Secara keseluruhan, investasi untuk pembangunan pelabuhan internasional Kijing di Kalimantan Barat senilai Rp 5 triliun. Elvyn mengatakan, saat ini Pelindo II sudah mendekati kesepakatan dengan beberapa pihak. Meskipun, pembicaraan ini belum sampai tahap tanda tangan kesepakatan. Menurutnya, ada beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta yang berminat untuk investasi pembangunan Pelabuhan Kijing. Namun, Elvyn belum bersedia ... Read more »

Share :