Transportasi Berbasis Rel, Solusi Angkutan Nasional

28 April 2017

Rakyat Merdeka - Tahun-tahun ini menjadi masa yang sibuk bagi sektor angkutan nasional. Pemerintah tengah fokus mengembangkan sistem transportasi yang diharapkan dapat berkontribusi besar untuk mendukung hajat hidup masyarakat yang berimbas pada peningkatan pembangunan bangsa. Transportasi berbasis rel menjadi salah satu yang paling digenjot dalam percepatan pembangunan nasional. Hal ini karena transportasi berbasis rel dinilai memiliki keunggulan tersendiri dibanding moda angkutan massal lainnya. Di samping terus mengembangkan angkutan penumpangnya, PT KAI juga berupaya meningkatkan angkutan barangnya. Di sisi angkutan barang, PT KAI pun tengah menggenjot peningkatan peran kereta api dalam perputaran logistik nasional. Angkutan KA barang kini telah terhubung dengan berbagai pelabuhan, sep ... Read more »

Share :     




DI SEMUA LINTASAN ANTAR-PROVINSI: Gapasdap Minta Tarif Penyeberangan Naik 18%

27 April 2017

Investor Daily - Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, Penyeberangan (Gapasdap) mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menaikkan tarif penyeberangan rata-rata 18% di semua lintasan penyeberangan antarprovinsi. Ketua Umum DPP Gapasdap Khoiri Soetomo mengatakan, kebijakan besaran tarif yang sudah ditentukan regulator saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan biaya yang harus ditanggung oleh operator peyeberangan. Kemenhub bahkan sempat menurunkan nilai tarif sebanyak tiga kali karena penyesuaian harga BBM. Khoiri mengharapkan tarif tersebut bisa keluar sebelum bulan puasa. Sementara itu, sebelumnya Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa dalam kurun waktu satu tahun ini sudah ada tiga kapal ro-ro yang melayani lintas Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang, Lampun ... Read more »

Share :     




Ada Tol Akses Tanjung Priok: Modernland Pede Garden City Laku

26 April 2017

Rakyat Merdeka - PT Modernland Realty Tbk menargetkan peningkatan penjualan Jakarta Garden City pasca dibukanya jalan tol akses Tanjung Priok. Sebab, akses masuk ke perumahan dengan luas 370 hektare itu semakin mudah. Managing Director, Urban Development PT Modernland Realty Sami Miettinen mengatakan, beroperasinya jalan tol akses Tanjung Priok itu akan mempermudah penghuni Jakarta Garden City untuk menuju pusat kota Jakarta. Jalan tol akses Tanjung Priok ini mempakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota yakni di Seksi North South (NS) yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, dan juga langsung ke pelabuhan.Rakyat Merdeka Hal. 14 / April 26, 2017 / Dnu ... Read more »

Share :     




Truk dengan Muatan Lebih Harus Masuk Gudang

25 April 2017

Indoshippinggazette.com - Pengoperasian kapal Roll on-Roll off (RoRo) ditujukan untuk memindahkan truk besar ke laut dan mengkonsolidasikan barang melalui pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai membuka acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) bidang Perhubungan Darat di Merlynn Park Hotel Jakarta pada Rabu (12/4).“Sebetulnya kapal Roro ini punya 2 (dua) fungsi. Pertama, memindahkan truk-truk yang besar, yang berpotensi membuat kerusakan jalan dan rawan menjadi penyebab kecelakaan, kita alihkan melalui laut. Kedua, Roro mengkonsolidasikan barang melalui pelabuhan Tanjung Priok, untuk mendukung Tanjung Priok Jakarta sebagai hub internasional,” jelas Menhub.Untuk mendukung pengoperasian kapal Roro, Menhub mengaktifkan jemb ... Read more »

Share :     




Ada 17 Kapal Raksasa, Bersandar di Priok Tiap Minggu

23 April 2017

Detik.com - Jakarta, Hari ini Perusahaan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d`Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) telah resmi membuka pelayanan kapal terjadwal yang mengantar peti kemas dengan rute Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat.CMA-CGM pun telah menyiapkan 17 kapal atas rute tersebut dengan sistem weekly call atau sandar setiap minggu secara rutin. Semua kapal tersebut merupakan kapal raksasa dengan kapasitas yang sangat besar. Seperti pelayanan resmi perdana hari ini dilakukan dengan Kapal CMA-CGM Otello berkapasitas 8.238 TEUs.Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik hal tersebut. Menurutnya kapal-kapal raksasa yang bersandar di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) membuktikan bahwa Tanjung ... Read more »

Share :