Dirut PTP: Audit Internal PTP Langkah Perbaikan Mutu Pelayanan

26 Juli 2017

JAKARTA UTARA/ ISL NEWS -  Pelaksanaan Audir Internal di PT Pelabuhan Tanjung Priok/PTP, merupakan langkah perbaikan untuk mengukur mutu pelayanan perusahaan sekaligus memperbaikinya sebelum dilakukannya audit oleh pihak eksternal., pada tanggal 25 Juli 2017 mendatang. “Audit yang dilaksanakan selama 8 hari kerja sejak tanggal 6 Juli 2017 tersebut fokus mengaudit 16 divisi pada 6 Direktorat yang ada di PTP. Audit dilakukan oleh Tim Audit Mutu Internal yang berjumlah 31 personil, terdiri dari 26 orang Auditor dan 5 orang Administrator,” ungkap Imanuddin, Direktur Utama PTP, baru-baru ini. Dalam pelaksanaan kegiatan audit dimaksud, lanjut Imanuddin, para Auditor memberikan 3 aspek penilaian yaitu, mayor, minor, dan observasi atas kesesuaian sistem prosedur yang ada dengan ... Selengkapnya »

Share :     




LAYANAN TANJUNG PRIOK: Relokasi Peti Kemas Efektif Tekan Dwelling Time

20 Juli 2017

Bisnis Indonesia - Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Priok meyakini relokasi peti kemas impor yang sudah mendapatkan persetujuan kepabeanan keluar pelabuhan akan efektif menekan waktu inap barang atau dwelling time. Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Pelabuhan Tanjung Priok Fajar Doni mengatakan sangat mendukung adanya buffer area untuk menampung peti kemas impor yang sudah mengantongi surat persetujuan pengeluaran barang (SPPB) tetapi belum diambil pemiliknya lebih dari 3 hari atau long stay. Dia juga mengharapkan lokasi buffer area peti kemas impor tidak terlalu jauh dengan Pelabuhan Tanjung Priok agar tidak membebani biaya logistik. Sementara itu, Direktur Operasi dan Sistem Informasi Teknologi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Prasetiadi mengatakan pihaknya ... Selengkapnya »

Share :     




TOL AKSES TANJUNG PRIOK: BUMD Jakarta Akan Dilibatkan

19 Juli 2017

Bisnis Indonesia - Pemerintah berencana melibatkan BUMD DKI Jakarta dalam pengelolaan jalan tol akses Tanjung Priok, Jakarta Utara yang akan ditugaskan kepada PT Hutama Karya. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono mengatakan bahawa dalam proses pembangunan tol akses Tanjung Priok, pemerintah akan melibatkan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Pelindo II dalam hal pembebasan lahan. Pelindo II turut membantu mengucurkan dana sekitar Rp1,10 triliun untuk lahan, Rp400 miliar dari Jakpro, dan sisanya melalui APBN. Secara terpisah, Direktur Utama Jakpro Satya Heragandhi mengatakan bahwa pemerintah pusat memiliki kesepakatan dengan Pemprov DKI untuk membentuk konsorsium perusahaan yang terdiri atas Jakpro dan PT Pembangunan Jaya Ancol untuk terlibat sebagai inve ... Selengkapnya »

Share :     




Peti Kemas Impor Sudah Clearance Wajib Keluar Pelabuhan Priok

18 Juli 2017

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mewajibkan barang impor yang sudah clearance pabean atau sudah mengantongi surat perintah pengeluaran barang (SPPB) dari Bea dan Cukai pelabuhan setempat dan sudah melewati batas waktu penumpukan lebih dari 3 hari (longstay) dipindahkan ke buffer area atau lini 2 pelabuhan. Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, I Nyoman Gede Saputera, mengatakan implementasi kegiatan perpindahan barang impor longstay berstatus SPPB itu juga akan diberlakukan single billing. Bahkan, kata dia, pihaknya juga sudah menerbitkan peraturan Ka OP Tanjung Priok No: UM.008/31/7/OP.TPK-16 tentang Tata Cara atau Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemindahan Barang Yang melewati Batas Waktu Penumpukan (Longstay) di Pelabuhan Tanjung Priok. "Sudah ada mekanism ... Selengkapnya »

Share :     




KONTRIBUSI PRIOK 87%: Bongkar Muat Pelindo II Tembus 3,3 Juta

14 Juli 2017

Investor Daily - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II mencatatkan jumlah bongkar muat petikemas sebanyak 3,3 juta twenty foot equivalent units (TEUs) pada semester I-2017 di 12 pelabuhan kelolaannya. Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan sekitar 10 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan realisasi sebesar 3 juta TEUs. Direktur Operasi dan Sistem Informasi Pelindo II Prasetyadi menyatakan, dari total kontainer terlayani dalam kurun waktu enam bulan pertama tahun ini, 87% di antaranya terpusat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan jumlah sebanyak 2,9 juta TEUs. Dia menambahkan, pertumbuhan lalu lintas kontainer melalui Tanjung Priok itu dipicu oleh adanya pelayanan kapal besar berkapasitas sekitar 8.500 TEUs yang dioperasikan oleh perusahaan CMA-CGM dengan frekuensi keda ... Selengkapnya »

Share :