Andalkan Kereta, Gedebage-Tanjung Priok Dipercepat

13 Januari 2017

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Jalur kereta api akan menjadi pilihan utama untuk mempercepat arus barang dari terminal peti kemas Gede Bage, Bandung ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Hal itu dipastikan setelah PT Pelabuhan Indonesia II atau Indonesia Port Corporation menerima kunjungan dari tiga Kementerian, yakni Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ketiga menteri itu datang dalam rangka menyosialisasikan peningkatan penggunaan angkutan peti kemas dengan kereta api rute Gedebage-Tanjung Priok. "Pelindo II mendukung peningkatan pemanfaatan angkutan kereta api Gedebage Tanjung Priok sebagai salah satu opsi angkutan kargo peti kemas yang aman, relatif ramah lingkungan dan terpercaya untuk meningkatkan kone ... Selengkapnya »

Share :     




Kereta Peti Kemas Gedebage-Tanjung Priok Mulai Beroperasi

13 Januari 2017

VIVA.co.id – Beroperasinya kereta api peti kemas dari Gedebage, Bandung ke pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju ke terminal peti kemas diharapkan dapat mengefisienkan transportasi logistik antar daerah dalam negeri dan ke luar negeri. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan dengan moda transportasi kereta api peti kemas Gedebage, Bandung-Tanjung Priok ini, bisa menjadi alternatif baru agar kegiatan ekspor impor lebih efisien, tepat waktu, dan aman. Menurutnya, pemanfaatan kereta api peti kemas ini menjadi salah satu pilihan solusi yang tepat, karena tarif kereta api lebih murah, lebih tepat waktu, keamanan barang lebih terjaga, serta relatif aman dari dampak kemacetan arus lalu lintas di jalan raya.  "Penggunaan kereta peti kemas ini harus dioptimalkan ... Selengkapnya »

Share :     




Arus Petikemas Terminal III PTP Lampaui 1 Juta Teus

12 Januari 2017

ISLNEWS/JAKARTA (www.indonesiashippingline.com)- arus petikemas ekspor dan impor yang melalui Terminal Operator (TO) III yang dikelola oleh PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) sepanjang tahun 2016 lalu melampaui 1 Juta TEUs Pencapaian itu, menurut manajemen PTP,  menjadi begitu penting untuk disyukuri karena tahun-tahun sebelumnya Terminal Operasi 3 rata-rata menangani 600 hingga 700 ribu Teus petikemas per tahun. Terminal Operasi 3 yang merupakan terminal petikemas utama di Pelabuhan Tanjung Priok memiliki dua sub terminal yaitu Terminal Domestik dan Terminal Internasional. Pada tahun 2016 petikemas yang ditangani oleh Terminal Operasi 3 naik hingga ±158% dibandingkan capaian petikemas tahun 2015. Hal ini terjadi di antaranya karena terdapat peningkatan volume petikemas d ... Selengkapnya »

Share :     




Terminal Operasi 3 PTP Capai 1 Juta Teus Tangani Petikemas

10 Januari 2017

Jakarta, Lentera IndonesiaPenanganan petikemas di Terminal Operasi 3 (TO 3) PT Pelabuhan Tanjung Priok telah berhasil mencapai 1 juta Teus di tahun 2016. Capaian tersebut jauh bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata TO 3 hanya menangani 600-700 ribu Teus/tahun. Untuk diketahui, TO 3 merupakan terminal petikemas utama di Pelabuhan Tanjung Priok yang memiliki dua sub terminal yaitu Terminal Domestik dan Terminal Internasional. Pada tahun 2016 petikemas yang ditangani oleh Terminal Operasi 3 naik hingga ±158% dibandingkan dari jumlah penanganan petikemas tahun 2015. Peningkatan signifikan ini terjadi karena bertambahnya volume petikemas di Terminal Internasional yaitu dari kapal Maersk Line dan NYK Line serta dari Terminal Domestik yang mendapat tambahan dari ... Selengkapnya »

Share :     




TO 3 Raih 1 Juta Teus, Di Tengah Persaingan Ketat Bisnis Peti Kemas

09 Januari 2017

MNOL, Jakarta – Terminal Operasi (TO) 3 meraih pencapaian through put 1 juta Teus pada tahun 2016, ditengah ketatnya persaingan bisnis terminal peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok. Keberadaan TO 3 pun bak “momok” bagi terminal-terminal peti kemas lainnya seperti Jakarta International Container Terminal (JICT), NPCT 1 dan TPK Koja. Bagaimana tidak, penyeragaman tarif Container Handling Charge (CHC) telah diterapkan Direksi IPC namun grafik kegiatan bongkar muat peti kemas di TO 3 cenderung meningkat. Atas pencapaian Terminal Operasi 3 dalam menangani petikemas sebesar 1 juta Teus di tahun 2016, PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) mengadakan seremoni karena keberhasilan begitu penting disyukuri karena tahun-tahun sebelumnya Terminal Operasi 3 rata-rata menangani 600 hingga ... Selengkapnya »

Share :