Tanjung Priok Jadi Hub Internasional, Nasibnya Ditentukan Pasar

09 Februari 2017

Jakarta - Kementerian Perhubungan memutuskan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub internasional sementara, hingga Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara selesai dibangun. Bila Kuala Tanjung menjadi hub internasional, bagaimana nasib Priok?Direktur Kepelabuhanan Kementerian Perhubungan, Mauritz H.M. Sibarani, menyebut Kuala Tanjung akan tetap menjadi hub internasional. Sementara itu, nasib Priok ditentukan pasar apakah nanti ramai atau tidak."Soal peralihannya apakah nanti di Priok atau Kuala Tanjung, tergantung pasarnya masing-masing karena pasarnya beda," kata Mauritz, kepada detikFinance, Rabu (8/2/2017).Ia menyebut, Kuala Tanjung dan Priok memiliki pasar yang berbeda. Kuala Tanjung berada di jalur perdagangan luar negeri di selat Malaka sehingga pasarnya luas.Sementara Priok ... Selengkapnya »

Share :     




Ini keuntungan pelabuhan Tanjung Priok jadi Hub Internasional

30 Januari 2017

Merdeka.com - Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya menyatakan ditunjuknya Pelabuhan Tanjung Priok sebagai Pelabuhan Penghubung (Hub Internasional) dapat menghemat biaya pengiriman barang keluar negeri mencapai Rp 1,5 juta per kontainer. "Tentu bervariasi di tiap daerah. Palembang kalau mau ke Jepang via Singapura itu bisa lebih mahal ketimbang via Tanjung Priok. Penghematannya sekitar Rp1,5 juta. Daerah lain juga bervariasi. Berkisar antara Rp1-1,5 juta per kontainer," katanya saat ditemui di Kantor Kemenko bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (30/1). Lebih lanjut dirinya mengatakan, Hub Internasional ini nantinya akan membuat Indonesia bisa bersaing dengan Singapura. Di mana barang yang dikirim ke luar negeri tidak perlu melalui Singapura. "Poinnya kan adalah yang penting ... Selengkapnya »

Share :     




Pelabuhan Tanjung Priok Terus Berbenah

27 Februari 2017

INDOPOS.CO.ID - Sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia dan berstandar internasional, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara terus berbenah. Tidak hanya untuk urusan fasiltas saja. Namun standarisasi pelayanan secara internasional juga dilakukan. "Pelabuhan Tanjung Priok, setiap tahun kita tata terus. Supaya berstandar Internasional. Mau tidak mau, kita harus sama dengan pelabuhan internasional. Kemajuan suatu negara, juga sangat tergantung dari fasilitas maritim, pelayanan dan logistik yang kompetitif," ujar Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II, Saptono, Kamis (26/1).  Saptono menuturkan, ingin menjadikan pelabuhan yang menjadi unggulan. Sebab produktifitas tercapai kalau fasilitas menunjang. "Untuk kapal berukuran besar bisa masuk, kita juga melak ... Selengkapnya »

Share :     




Pelabuhan Tanjung Priok Jadi Hub, Biaya Angkut Kontainer Lebih Efisien

23 Januari 2017

(Okezone.com) JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyudahi kunjungan dan pertemuannya dengan Direktur Utama IPC Elvyn G. Pertemuan sekira 6 jam itupun berakhir dengan keputusan menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan Internasional. Menurut Luhut, pihaknya akan melakukan exercise terhadap Pelabuhan Tanjung. Dengan alasan supaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas. "Kenapa kapal-kapal kita harus ke Singapura (hub), kenapa enggak dari Jakarta aja ? Kita kan hemat bisa 1 juta TEUS," tuturnya, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (23/1/2017). Menurut Luhut, di sini pemerintah melihat hub Pelabuhan Tanjung Priok sebagai national interest. Di mana bicara pelabuhan jika bisa terintegrasi antara Pelindo I,II,III, dan IV dapat ... Selengkapnya »

Share :     




Menko Luhut `Bongkar` Jalur Kereta Peti Kemas Tanjung Priok

23 Januari 2017

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berencana mengexercise (mengkaji ulang) jalur kereta api (KA) peti kemas JICT. Tujuannya supaya tidak double handling (penangan ganda) yang dampaknya pada cost logistik perusahaan. Luhut mengatakan, dalam rangka exercise jalur KA peti kemas, pihaknya akan melibatkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pelindo II. Menurutnya, tingkat efisiensi di Pelabuhan Tanjung Priok sudah lebih bagus, tapi akan lebih ditingkatkan lagi efisiensinya. "Kita lihat efisiensinya. Exercise kita semua dalami. Sekarang efisiensi cost sudah Rp1,5 juta per box kontainer, kalau bisa lebih murah lagi, yang penting produktif," tuturnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (23/1/2017). Untuk masalah mengkaji ulang jal ... Selengkapnya »

Share :