Aktivitas Bongkar Muat di Teluk Bayur Naik

22 April 2014

Investor Daily Indonesia, Aktivitas bongkar muat di Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat terus meningkat dari tahun ke tahun. Realisasi arus barang di Pelabuhan Teluk Bayur pada 2013 sebesar 12.959.771 ton, naik dari 2012 yang hanya 12.159.370 ton. Saat ini sudah ada peningkatan arus barang di Pelabuhan Teluk Bayur. Pembenahan pelabuhan berperan besar meningkatkan aktivitas di Pelabuhan tersebut, kata General Manager PT Pelindo II Cabang Padang Zulhasman, di Padang, Sumatera Barat, Senin (21/4). Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Sumatera Barat Mudrika mengungkapkan, PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur selaku pengelola pelabuhan, harus meningkatan kinerja dan membenahi fasilitas yang ada secara regular. Bila Pelabuhan Teluk Bayur diperbaiki dan dikembangkan, kapal sandar mak ... Selengkapnya »

Share :     




Dermaga Curah Baru di Teluk Bayur Mulai Dioperasikan

12 Februari 2014

Bisnis.com, PT Pelabuhan Indonesia II/IPC siap mengoperasikan fasilitas dermaga baru bukan petikemas, khusus untuk pelayanan kargo jenis curah di pelabuhan Teluk Bayur Sumatera Barat guna mengantisipasi pertumbuhan volume bongkar muat kargo jenis itu yang rata-rata mencapai 20% per tahun. Data Pelindo II yang diperoleh Bisnis hari ini, Rabu (12/2/2014) menyebutkan investasi dalam penyiapan dermaga curah dipelabuhan Teluk Bayur itu menelan Rp71,5 milliar yang dianggarkan oleh perseroan pada 2012/2013. Dengan rincian kontrak menyediakan alat bongkar muat batu bara (jetty) Rp28,5 milliar, penguasaan lahan eks dok kodja bahari (DKB) di wilayah itu sebesar Rp18 milliar, kegiatan pengerukan Rp15,9 milliar dan penyiapan lapangan penumpukan mencapai Rp8,8 milliar. General Manager Pelindo II cabang ... Selengkapnya »

Share :     




Teluk Bayur Komitmen Jadikan ``Zero`` Antre Kapal

29 Januari 2014

Antarasumbar.com, General Manager Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Zulhasman menyatakan Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat berkomitmen menjadikan zero antre di Pelabuhan Teluk Bayur. Pihaknya tetap menjaga komitmen “zero” antre kapal di Pelabuhan Teluk Bayur, kata General Manager Zulhasman di Padang. Menurut dia, setiap barang tidak perlu lagi kecewa karena harus mengeluarkan biaya besar, pasalnya dengan penerapan zero antre, ongkos bongkar muat barang di pelabuhan semakin murah. Jika dulunya Pelabuhan Teluk Bayur merupakan pelabuhan jelek, kotor dan memiliki aktivitas rendah, sekarang kondisi berubah total, jelas Zulhasman. Investasi yang ditanamkan PT Pelindo II mencapai Rp 650 miliar dari total Rp 1,76 triliun yang direncanakan sampai 2016. Pembangunan peti ... Selengkapnya »

Share :     




Selamat Tinggal Antre di Teluk Bayur

29 April 2013

Liputan6.com, Jakarta : Teluk Bayur adalah pelabuhan kapal laut yang paling sibuk di Sumatra Barat. Saking ramainya waktu tunggu kapal bisa sampai 15-20 hari. Kini dengan peresmian terminal petii kemas PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Teluk Bayur jadi satu-satunya pelabuhan di Indonesia yang zero antre.Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meresmikan pengoperasian Terminal Peti Kemas PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Sumatera Barat pada Senin (29/4/2013). "Karena kapal-kapal yang datang ke Teluk Bayur tidak perlu antre. Kalau ini terjadi akan menyedot kapal-kapal ke sini. ," jelas Dahlan seperti diungkapkan Kepala Humas BUMN Faisal Halimi, Senin (29/4/2013).Bahkan Dahlan mengaku telah mengumumkan keunggulan pelabuhan ini melalui akun media sosial Twitter.Apalagi pembangunan ... Selengkapnya »

Share :     




Teluk Bayur akan jadi HUB Port

12 Desember 2012

Padang, Padek—Pelabuhan Teluk Bayur sebagai leader-nya pelabuhan laut kawasan Barat Sumatera berkelas Inter­nasional, bukan sekadar retori­ka belaka. Secara bertahap namun pasti, Pelindo II me­ngu­curkan miliaran dana in­ves­tasinya agar pergerakan ekonomi Sumbar melalui pela­buhan meningkat, mulai tum­buh terlihat. Itu diawali de­ngan pembenahan alur lalu lin­tas darat di sekitar pelabuhan, pembenahan pola kerja pega­wai hingga moderanisasi ber­ba­gai sarana prasarana ke pelabuhan.   ”Di tahun ini, kita menda­patkan dana dari pusat Rp1,7 triliun untuk menjadikan pela­buhan berstandar interna­sio­nal pada tahun 2016,” tutur GM PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Dalsaf Usman, Senin (3/12). &nbs ... Selengkapnya »

Share :