PPID

Home » IPC Profile » PPID

Code of ConductBoardmanualGood Corporate GovernanceWhistleblowing SystemGuidelines GratificationPPID


Sebagai perusahaan yang profesional, independen, berintegritas dan berkelanjutan, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) senantiasa melandaskan setiap kegiatannya pada prinsip pengelolaan perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).  Ketaatan pada prinsip-prinsip GCG ini diaplikasikan pada seluruh aktivitas perusahaan salah satunya dengan disusunnya sebuah Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi sebagai bukti upaya transparansi perusahaan.

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya. Oleh karena itu, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik. Hak atas Informasi ini menjadi sangat penting, karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai dasar hukum yang mendorong keterbukaan informasi di Indonesia, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada 30 April 2010, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) sebagai Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara lugas, integritas dan berkualitas.

Untuk melaksanakan pelayanan informasi maka dibentuklah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggung jawab memberikan pelayanan informasi yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, dan penyediaan pelayanan serta pengumuman informasi publik. Pelayanan informasi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) juga dilakukan di 12 (dua belas) cabang pelabuhan yang tersebar diseluruh Indonesia.

Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di harapkan dapat menjadi panduan yang akan membantu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan seluruh insan IPC dalam menjalankan amanat Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik. Pedoman ini berisi klasifikasi informasi, prosedur permohonan, tata cara memperoleh informasi, hak dan kewajiban pengelola keterbukaan informasi serta hak dan kewajiban pemohon.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai PPID PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) :

  1. Pedoman Pengelolaan Informasi, Data dan Dokumentasi Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
  2. Struktur Organisasi PPID PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
  3. Jam Pelayanan Informasi Publik PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
  4. Penetapan Standar Tarif/Biaya Pelayanan Informasi Publik PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
  5. Alur Permohonan Informasi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
  6. Tata Cara Pengajuan Permohonan Penyelesaian Sengketa ke Komisi Informasi

Permohonan Informasi dan Keberatan atas Penolakan Informasi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) :

  1. Untuk menyampaikan permohonan informasi : Formulir Permohonan Informasi Publik
  2. Untuk menyampaikan keberatan atas penolakan informasi : Formulir Keberatan Penolakan Informasi Publik

Laporan Permohonan Informasi Publik PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) :




Share :