PT TPI

Home » Cabang & Anak Perusahaan » PT TPI

PT EDIIPT MTIPT JICTTPK KojaPT RSPPT ILCSPT EPIPT PPIPT IKTPT JPPIPT PTPPT IPC TPKPT PMLIPT JAIPT TPIPT RukindoPT PII


PT Terminal Petikemas Indonesia merupakan anak perusahaan yang didirikan pada tanggal 10 April2013 dengan Akta Pendirian no. 36 tanggal 10 April 2013 dan Akta Kementerian Hukum dan Hak AsasiManusia (Kemenkumham) AHU-AH.01.10-21873 tahun 2013.

Saham TPI dimiliki masing-masing oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) 25%, PT PelabuhanIndonesia II (Persero) 25%, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) 25% dan dimiliki oleh PT PelabuhanIndonesia IV (Persero) 25%. Perusahaan ini mulai beraktivitas dalam Peningkatan Kinerja Performanceimprovement Program (PIP) di Terminal Petikemas Domestik Belawan (TPDB) PT PelabuhanIndonesia I (persero) dan Terminal Petikemas Makassar (TPM) PT Pelabuhan Indonesia IV (persero)tanggal 27 Januari 2014. TPI didirikan antara lain guna meningkatkan konektivitas antara TerminalPetikemas di Indonesia, sehingga dapat menurunkan waktu tunggu kapal baik di kolam pelabuhanmaupun di terminal petikemas yang dituju dan akhirnya dapat menghilangkan disparitas hargabarang di Indonesia Barat dan Indonesia Timur, khususnya di bidang jasa layanan petikemas.

Pada tanggal 18 Desember 2015, berdasarkan hasil rapat persiapan RUPS untuk menyusun RencanaKerja PT. Pelabuhan lndonesia l, ll, lll, dan lV (Persero) tahun 2016, Kementerian Badan Usaha MilikNegara menugaskan Perusahaan untuk membangun dan mengelola Portal Pelayanan PetikemasDomestik “door-to-door”. Dengan adanya penugasan ini, Perusahaan tidak hanya mengelola terminalpetikemas secara fisik, tetapi juga menjadi pengelola terminal petikemas secara virtual melaluipengoperasian portal internet.




Share :