Tokoh Independen Awasi Megaproyek Terminal Kalibaru

07 Maret 2013
Sejumlah tokoh independen dilibatkan dalam proses pengawasan megaproyek Terminal Kalibaru, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, senilai Rp24 triliun yang dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC. Mereka tergabung dalam Oversight Committee (Komite Pengawas) yang dibentuk pada 1 Februari 2013.Para tokoh independen tersebut adalah mantan Wakil Ketua KPK Erry Riyana Hardjapamekas, pengamat ekonomi Faisal Basri, analis finansial senior Lin Che Wei, Sekjen Transparansi Internasional Indonesia (TII) Natalia Soebagjo, serta pengacara senior di bidang finansial, perbankan dan pasar modal Ahmad Fikri Assegaf.Dalam struktur Komite Pengawas, posisi ketua dijabat oleh Erry Riyana Hardjapamekas. Faisal Basri selanjutnya ditunjuk menjadi juru bicara, dan Lin Che Wei sebagai sekretaris ... Selengkapnya »

Share :     




Pelindo II (IPC) Gandeng Mitsui Operasikan Terminal Kontainer

05 Maret 2013
Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II menetapkan Mitsui & Co Ltd Jepang sebagai preferred bidder untuk mengoperasikan terminal kontainer satu di terminal Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta. "Mitsui adalah mitra kerja pertama yang terpilih untuk Terminal New Priok untuk pembangunan, pendanaan, dan pengoperasian," ujar Richard Joost Lino, Direktur Utama Pelindo II dalam siaran pers, Rabu (27/2). Menurut Lino, kesepakatan antara Pelindo II dengan Mitsui akan mendorong beroperasinya kapal di terminal kontainer satu di Kalibaru pada September 2014. "Terminal Kalibaru akan melipatgandakan kapasitas penanganan kontainer (container handling) di Pelabuhan Tanjung Priok," ungkapnya.Ia menjelaskan Terminal Kalibaru akan menjadi terminal pertama di Indonesia yang ... Selengkapnya »

Share :     




NewPriok telah mendapatkan izin Amdal dari Kementrian Lingkungan Hidup

04 Januari 2013
Jakarta, 3 Januari 2013  – PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau yang sekarang dikenal dengan Indonesia Port Corporation (IPC) secara resmi telah menerima ijin Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)  dari Kementerian Lingkungan Hidup.   Dengan dikeluarkannya SK Menteri Lingkungan Hidup nomor 293 tahun 2012 tentang izin lingkungan pembangunan dan pengoperasian terminal Kalibaru maka IPC  akan segera melaksanakan Groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan terminal Kalibaru. Rencana induk pembangunan New Priok tahap 1, terdiri dari tiga container terminal serta dua terminal bahan bakar minyak dan gas. Pelabuhan ini didesain dengan kedalaman draft hingga -20 mLWS dengan tahap pertama akan dilakukan pengerukan sedalam -16 mLWS, dan alur pelayaran ... Selengkapnya »

Share :     




Shipping News Asia : IPO Multi Terminal Indonesia

02 November 2012
Multi Terminal Indonesia (MTI) merupakan anak perusahaan dari  Pelindo II. Perusahaan Ini menangani logistik, terminal kontainer dan terminal multiguna bagi pelanggan yang menggunakan pelabuhan di Tanjung Priok.Pelindo II menguasai saham 99 persen di MTI, dengan sisanya dimiliki oleh koperasi karyawan pelabuhan Tanjung Priok."MTI membutuhkan Rp 300 miliar dana untuk ekspansi tahun depan. Dana tersebut diharapkan akan diamankan dari IPO, "kata Mulyono, direktur keuangan Pelindo II, Investor Daily, Selasa.Dia menambahkan bahwa IPO tersebut dijadwalkan untuk paruh kedua tahun 2013. Namun, jika IPO melalui Pelindo II akan memungkinkan MTI secara terpisah menjual obligasi.Adapun Pelindo II sendiri, telah mengumumkan rencana untuk menjual sampai dengan Rp 3,5 triliun obligasi untuk membantu ... Selengkapnya »

Share :     




Jasa Marga bikin jalan tol di atas lautan Jakarta

17 September 2012
JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk berencana membangun tol akses new priok menuju ke pelabuhan Tanjung Priok. Emiten berkode JSMR ini mengungkapkan, pembangunan jalan tol sepanjang 7 kilometer itu akan menelan investasi Rp 4 triliun. Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman mengungkapkan, dana sebesar itu akan diperoleh dari pinjaman bank dan dana internal. "Rinciannya 25% dana internal dan 75% dana dari bank. Bank nya pun tentunya bank BUMN," katanya di Kementerian BUMN, Jumat (7/9). Dari sisi bisnis, Adit meramalkan, jika tol selesai maka akan mendapatkan keuntungan sebesar 6 hingga 7 kali lipat dari nilai investasinya. "Sebab nantinya semua mobil proyek terutama truk-truk besar akan lewat sana," katanya. Disamping itu, kata dia, tol itu memiliki daya tarik tersendiri yakni akan memecah lautan se ... Selengkapnya »

Share :