Jasa Marga bikin jalan tol di atas lautan Jakarta

Home » Berita Terkini » Tanjung Priok




JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk berencana membangun tol akses new priok menuju ke pelabuhan Tanjung Priok. Emiten berkode JSMR ini mengungkapkan, pembangunan jalan tol sepanjang 7 kilometer itu akan menelan investasi Rp 4 triliun.

Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman mengungkapkan, dana sebesar itu akan diperoleh dari pinjaman bank dan dana internal. "Rinciannya 25% dana internal dan 75% dana dari bank. Bank nya pun tentunya bank BUMN," katanya di Kementerian BUMN, Jumat (7/9).

Dari sisi bisnis, Adit meramalkan, jika tol selesai maka akan mendapatkan keuntungan sebesar 6 hingga 7 kali lipat dari nilai investasinya. "Sebab nantinya semua mobil proyek terutama truk-truk besar akan lewat sana," katanya.

Disamping itu, kata dia, tol itu memiliki daya tarik tersendiri yakni akan memecah lautan sepanjang 4 kilometer. "Jadi nanti tol itu bisa juga dibuat sebagai sarana melihat-lihat pemandangan seperti jembatan Suramadu yang juga berdiri di atas lautan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN, Dahlan Iskan setuju dengan rencana pembangunan itu. Menurutnya, pembangunan jalan tol itu bisa menambah pemasukan negara."Sekali membangun tol ini akan sama dengan prestasi pelabuhan Tanjung Priok selama 130 tahun," katanya.

Dahlan meminta, pembangunan tol itu bisa beroperasi pada tahun 2014 bersamaan dengan dioperasikannya pelabuhan Kalibaru.

Seperti diketahui, PT Pelindo II dan Jasa Marga sudah menandatangani MoU soal pembangunan jalan tol akses new priok tersebut. Jalan tol itu dibangun untuk mempermudah akses menuju pelabuhan Tanjung Priok dan mengurangi kemacetan yang terjadi di Jakarta Utara.

sumber : kontan.co.id 



Share :     





Comments (0)


No comments yet.




Share Comments


Name *
Email Address *
Comments *
Captcha *