Pelindo II (IPC) Gandeng Mitsui Operasikan Terminal Kontainer

Home » Berita Terkini » Tanjung Priok






Metrotvnews.com, Jakarta:
 PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II menetapkan Mitsui & Co Ltd Jepang sebagai preferred bidder untuk mengoperasikan terminal kontainer satu di terminal Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta.

"Mitsui adalah mitra kerja pertama yang terpilih untuk Terminal New Priok untuk pembangunan, pendanaan, dan pengoperasian," ujar Richard Joost Lino, Direktur Utama Pelindo II dalam siaran pers, Rabu (27/2).


Menurut Lino, kesepakatan antara Pelindo II dengan Mitsui akan mendorong beroperasinya kapal di terminal kontainer satu di Kalibaru pada September 2014. 

"Terminal Kalibaru akan melipatgandakan kapasitas penanganan kontainer (container handling) di Pelabuhan Tanjung Priok," ungkapnya.

Ia menjelaskan Terminal Kalibaru akan menjadi terminal pertama di Indonesia yang mampu melayani kapal kontainer terbesar yang ada saat ini. 

Selanjutnya, Terminal Kalibaru juga memungkinkan untuk melayani tanker berukuran AFRAMAX untuk bertambat di Pelabuhan Tanjung Priok. 

"Dalam proses seleksi mitra operator, Rothschild, Norton Rose dan David Wignall Associates telah bertugas sebagai advisor IPC, sementara Herbert Smith Freehills, Ernst & Young dan Portek menjadi advisor Mitsui," katanya.

Pelindo II, kata Lino, juga akan memilih partner untuk dua terminal kontainer dan terminal petroleum/bahan bakar. Investasi yang dialokasikan untuk pembangunan Terminal Petikemas Kalibaru sekitar US$2,5 miliar atau sekitar Rp24 triliun. (Wibowo/Adf)



Share :     





Comments (0)


No comments yet.




Share Comments


Name *
Email Address *
Comments *
Captcha *