Menhub Teken Rencana Induk Pelabuhan Cirebon

Home » Berita Terkini » Cirebon


CIREBON (BeritaTrans.com) – Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Cirebon akhirnya rampung ditandatangani Menteri Perhubungan (Menhub). Draf pengembangan pelabuhan itu sudah menuntaskan proses administrasinya.

Dokumen induk tersebut sudah di tangan PT Pelindo II Cabang Pelabuhan Cirebon untuk diteruskan ke kantor pusat PT Pelindo II dan merampungkan izin mendirikan bangunan (IMB) maupun analisis dampak lingkungan (amdal). Setelah itu, pekerjaan fisik dan pengembangan pelabuhan sudah bisa dimulai.

Kasie Keselamatan Lalu lintas KSOP Pelabuhan Cirebon , Viva mengatakan, RIP yang sudah ditanda tangani oleh Menteri Perhubungan akan dikeluarkan apabila pihak Pelindo II sudah melakukan pengerukan, sebagaimana syarat Menteri Perhubungan saat berkunjung ke pelabuhan beberapa waktu lalu.

“Kedalaman draft -6 mLWS bertujuan agar ada kapal yang lebih besar untuk masuk ke pelabuhan,” terang Viva di Kantor KSOP, Senin (24/7).

Ia menjelaskan, sejauh ini perizinan sedang dilakukan dan saat ini sedang diusulkan kemudian disesuaikan untuk meminta rekomendasi ke KSOP.

Dikatakannya, izin untuk pengerukan pelabuhan diajukan kepada Dirjen Perhubungan Laut sedangkan rekomendasi diajukan kepada KSOP dan harus dilampirkan sesuai surat keputusan Menteri No 136 tahun 2015.

Lanjutnya, setelah RIP turun maka akan keluar FS (Feasibility Study) untuk menentukan peruntukan pelabuhan dan dilanjut Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) maka revitalisasi pelabuhan bisa dilaksanakan pembangunannya.

“Direncanakan volume pengerukan pelabuhan seluas 178 ribu meter kubik terdiri dari Dermaga Pelita, Lnggarjati, Muara jati sampai dengan alur,” jelasnya.

Dijelaskan Viva, tahapan pembangunan terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap pertama jangka pendek dengan rencana peruntukan komoditi curah kering seluas 12,2 hektar, dock yard 37 hektare, container 22,4 dengan total 71,6 hektare.

Lalu tahap dua jangka menengah ditambah untuk curah kering 9 hektar, curah kering kotor 9,9 hektar seperti batu bara dan kontainer 9,65 hektar dengan total 28,55 dan terakhir jangka panjang total dari keseluruhan tahapan dengan jumlah total luasan sebesar 100,15 hektar.

“Kami pun akan terus mengawasi proses ini yang seluruhnya dilakukan oleh Pelindo II yang kemudian dari semua proses ini sesuai dengan harapan,” tutupnya. (ver/sumber fajarnews.com).

Selasa, 25 Juli 2017
http://beritatrans.com/2017/07/25/menhub-teken-rencana-induk-pelabuhancirebon/



Share :     





Comments (0)


No comments yet.




Share Comments


Name *
Email Address *
Comments *
Captcha *