Serikat Pekerja JICT Diimbau Batalkan Mogok Kerja

Home » Berita Terkini » JICT


beritasatu.com, Jakarta - Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT) berencana akan melakukan mogok kerja pada Agustus mendatang. Rencana ini menyusul keluarnya surat manajemen JICT terkait tuntutan tambahan bonus, kenaikan upah, dan Program Tabungan Investasi (PTI).

Pihak manajemen JICT tidak dapat memenuhi tuntutan tersebut karena tidak sesuai dengan perjanjian-perjanjian yang telah disepakati bersama sebelumnya. Alasan lain di balik rencana mogok kerja itu, berdasarkan surat pemberitahuan SP JICT tertanggal (21/7) itu juga disebutkan alasan akan mogok karena perpanjangan kontrak konsesi JICT yang dinilai merugikan pekerja.

“Saya gagal paham dan tak habis pikir rencana mogok kerja Serikat Pekerja JICT masih saja dengan alasan kesejahteraan. Padahal sudah diketahui upah mereka tertinggi di Indonesia. Untuk posisi terendah saja dapat upah lebih dari 25 juta rupiah per bulan, belum lagi ramunerasi non-cash-nya,” kata pengamat ketenagakerjaan Rachman H Azhari, Rabu (26/7).

Menurutnya, jika serikat pekerja itu mogok karena alasan upah masih di bawah UMP masih benar. Tetapi juga UMP sudah terpenuhi mestinya tidak ada alasan lain lagi.

“Ini semua secara normatif komponen upah telah dipenuhi oleh manajemen termasuk bonus telah dibayarkan dan fasilitas lainnya, jadi tidak ada alasan untuk mogok. Harusnya mereka malu kepada rekan-rekan pekerja lainnya yang masih berkutat berjuang pada hak-hak normatifnya, apalagi minta dukungan bagi aksinya,” tambahnya.

Oleh karenanya, ia meminta agar instansi terkait ketenagakerjaan dan perhubungan segera menyikapi persoalan ini dengan tegas. Apalagi pelabuhan laut merupakan obyek vital nasional.

“Bagi rekan pekerja harap dipertimbangkan dengan baik rencana mogok kerja itu mengingat alasan-alasan yang lemah akan berdampak buruk bagi pekerja sendiri,” ucapnya.

Hotman Siregar / JAS 
Rabu, 26 Juli 2017 | 12:29 WIB
http://www.beritasatu.com/megapolitan/443684-serikat-pekerja-jict-diimbau-batalkan-mogok-kerja.html



Share :     





Comments (0)


No comments yet.




Share Comments


Name *
Email Address *
Comments *
Captcha *