Tol Laut Ringankan Beban: Kerajaan Belgia Lirik Pelabuhan Cirebon untuk Berinvestasi

Home » Berita Terkini » Cirebon


Kompas - Pemanfaatan Pelabuhan Probolinggo sebagai bagian dari tol laut meringankan beban Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya dan jalur pantura di Jawa Timur. Hal ini diharapkan bisa menekan biaya dan waktu tempuh pengiriman logistik. Hal itu dikatakan Direktur Utama PT Delta Artha Bahari Nusantara Ahmad Umar saat dihubungi dari Banyuwangi. Senin (21/8).

PT Delta Artha Bahari Nusantara adalah badan usaha milik daerah Pemerintah Jawa Timur, pemegang izin pemanfaatan Pelabuhan Probolinggo, yang merupakan milik negara. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Toni Budiono, Pelabuhan Probolinggo merupakan salah satu pelabuhan milik negara yang dikerjasamakan pemanfaatannya dengan swasta, BUMN, atau BUMD. Selain Probolinggo, Pelabuhan Sintete di Kalimantan Barat dikerjasamakan dengan PT Pelindo II. 

Sejumlah pelabuhan lain akan dikerjasamakan dengan PT Pelindo III dan PT Pelindo IV. Kerajaan Belgia pun melirik peluang investasi di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat. "Banyak potensi yang bisa dikembangkan di Pelabuhan Cirebon. Kami memiliki industri pelabuhan yang kuat dan terkenal di Eropa, bahkan dunia internasional,” ujar Duta Besar Kerajaan Belgia Patrick Herman di Kota Cirebon.

Kompas / 22 Agustus 2017 / Ger, Iki, Nik
https://kompas.id/baca/nusantara/2017/08/22/tol-laut-ringankan-beban/



Share :     





Comments (0)


No comments yet.




Share Comments


Name *
Email Address *
Comments *
Captcha *