Pelayanan Barang

Home » Profil IPC » Pelayanan Barang

Pelayanan KapalPelayanan BarangPelayanan Lainnya

Layanan barang (kargo) terdiri dari jasa dermaga umum, dermaga khusus, jasa lapangan, dan jasa gudang. Jasa tersebut merupakan jasa yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Namun dalam pelaksanaannya, bekerja sama dengan anak-anak perusahaan, IPC menjalankan pelayanan terpadu. IPC menyediakan pelayanan bongkar muat mulai dari kapal hingga penyerahan ke pemilik barang

Sebuah kapal barang yang bersandar di dermaga melakukan aktivitas bongkar muat barang di dermaga maka kapal tersebut dikenakan biaya jasa dermaga. Barang lalu dikirim ke penumpukan lapangan atau gudang maka dikenakan biaya jasa penumpukan.

Layanan rupa-rupa merupakan jasa layanan yang menunjang kegiatan yang ada di pelabuhan, meliputi jasa sewa alat-alat pelabuhan, penyediaan listrik, dan telepon. Misalnya pihak kapal barang menyewa alat derek (crane) untuk mengangkat atau memindahkan barang saat di kapal atau di dermaga. Untuk hal tersebut kapal barang dikenakan biaya sewa crane. Begitu juga dengan penggunaan listrik dan telepon.

Layanan penumpang IPC melayani kapal-kapal yang mengangkut penumpang domestik, misalnya antarpulau atau antarprovinsi.

Jasa Bongkar Muat
Kegiatan pelayanan bongkar muat barang sejak dari kapal hingga saat menyerahkan kepada pemilik barang.
Fitur : 

  • Stevedoring, yaitu kegiatan yang dilakukan sejak membongkar/memuat di palka kapal hingga melepas ganco di dermaga.

  • Corgodoring, yaitu menyusun barang sejak dari dermaga hingga ke gudang/lapangan atau sebaliknya.

  • Receiving/Delivery, yaitu pekerjaan menyerahkan atau menerima barang di pintu gudang lini I dari/ke atas truk atau sebaliknya.

Pelayanan Dermaga
Pelayanan penangan barang di dermaga.
Fitur Mengatur kelancaran arus barang di dermaga.

Jasa Penumpukan
Pelayanan penumpukan barang di gudang sampai dengan dikeluarkan dari tempat penumpukan untuk dimuat atau diserahkan kepada pemilik.
Fitur :

  • Menentukan ruang tempat penumpukan.
  • Mengatur penggunaan dan ketertiban ruang penumpukan.
  • Menenliti kebenaran jumlah koli ukuran, kondisi kemasan dan jenis barang yang keluar/masuk ke dan dari tempat penumpukan serta ukuran barang yang dibongkar muat.
  • Memungut dan menerima sewa penumpukan dan uang dermaga sesuai ketentuan yang berlaku.


Share :