Pelatihan & Pengembangan

Home » Karir » Pelatihan & Pengembangan



Program pelatihan dan pengembangan karyawan diselenggarakan korporasi ini sebagai upaya untuk menjamin bahwa seluruh karyawan memiliki kompetensi yang dipersyaratkan perusahaan. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi INTI, PERAN, dan BIDANG, dimana untuk mengetahui gap kompetensi pekerja, perusahaan melakukan asesmen secara rutin dan selanjutnya dilakukan upaya mengatasi gap yang harus teridentifikasi melalui pelatihan dan pengembangan.

Program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia Port Corporation dimulai saat Anda bergabung bersama kami. Hal ini dilakukan serta merta untuk memastikan agar karyawan senantiasa dapat mengoptimalkan kemampuan dan potensinya serta memberikan nilai tambah seiring dengan pertumbuhan bisnis perusahaan. Program pelatihan dan pengembangan kami meliputi:

1.  Program Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Dalam dan Luar Negeri
Ini adalah salah satu program terbaik kami. Kami melakukan investasi besar-besaran pada karyawan dengan memberikan beasiswa pendidikan pasca sarjana pada Universitas ternama di dalam dan luar negeri. Dimulai pada tahun 2009, Indonesia Port Corporation telah memberikan beasiswa kepada 98 karyawan berprestasi dari 12 kantor cabang dan kantor pusat untuk melanjutkan pendidikan program pasca sarjana pada universitas di dalam dan luar negeri.

Tujuan dari dilaksanakannya program ini adalah untuk memberikan kesempatan pada karyawan berprestasi untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi dalam rangka membangun profesionalisme. Tidak tanggung-tanggung berbagai universitas di Asia, Australia bahkan Eropa menjadi tujuan pelaksanaan pemberian beasiswa program pasca sarjana diantaranya:

Universitas Dalam Negeri

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gajah Mada

Universitas Luar Negeri

Program ini merupakan salah satu bentuk keseriusan kami mempersiapkan SDM yang handal untuk menjadi operator pelabuhan kelas dunia. Kami percaya bahwa SDM yang profesional dan handal merupakan kunci utama keberhasilan sebuah perusahaan jasa. SDM yang berkualitas diharapkan dapat membawa terobosan baru dengan pengalaman dan pengetahuan yang didapat selama pendidikan. Sasaran dari beasiswa pendidikan pasca sarjana ini adalah seluruh karyawan yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus dalam ujian seleksi potensi akademik diantaranya tingkat pendidikan S1 dengan masa kerja selama 2 tahun.

2. Executive MBA
Rangkaian program beasiswa pendidikan dilaksanakan sebagai upaya manajemen dalam peningkatan produktivitas karyawan dengan berbagai level. Program Executive MBA adalah program yang dirancang untuk jajaran pemimpin perusahaan (1 dan 2 level dibawah direksi) untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjana.

Mengingat peran penting pemimpin dalam pengambilan keputusan/kebijakan perusahaan, manajemen merancang program Executive MBA yang memudahkan para pemimpin perusahaan dalam melanjutkan pendidikan pasca sarjana sekaligus menjalankan perannya di perusahaan.

Program ini mendatangkan pengajar profesional dari salah satu universitas diluar negeri untuk memberikan materi kuliah dalam bidang logistik dan leadership. Kegiatan belajar didalam kelas berlangsung selama 1 minggu setiap bulannya dengan total durasi 18 bulan. Kami juga memberikan kesempatan kepada institusi terkait dengan Indonesia Port Corporation untuk mengikuti program ini.

3. Pelatihan, Seminar dan Workshop
Sepanjang tahun 2012 kami telah menyelenggarakan lebih dari 200 acara pelatihan, seminar dan workshop yang melibatkan karyawan dengan berbagai level dari jajaran direksi, anak perusahaan hingga karyawan baru sebagai peserta. Pelatihan, seminar dan workshop ini ditujukan untuk memberikan wawasan, membentuk pola pikir baru serta meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill karyawan yang berujung pada peningkatan produktivitas perusahaan.

Untuk memastikan mutu dan kualitas informasi yang disampaikan kepada peserta, dalam penyelenggaraan pelatihan, seminar maupun workshop kami bekerjasama dengan berbagai lembaga tinggi negara, universitas ternama di Indonesia serta perusahaan besar berskala internasional, seperti Sekolah Polisi Negara LIDO, ITB, UGM, PT Hutama Karya, Oracle, Sucofindo, John Robert Power dan sebagainya.

Selain secara aktif menyelenggarakan pelatihan, seminar maupun workshop, kami juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk secara proaktif memberikan rekomendasi untuk mengikuti pelatihan, seminar maupun workshop yang diselenggarakan oleh pihak luar.

4. Port and Logistic Institute
Kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dalam rangka pengembangan kapasitas dan kompetensi SDM, diantaranya dengan membangun sebuah pusat pelatihan kepelabuhanan (port training center) salah satu terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Ciawi Bogor. Pusat pelatihan kepelabuhanan ini akan dilengkapi dengan alat-alat stimulator yang canggih dengan lingkungan belajar yang modern dan terintegrasi. Ini adalah salah satu bentuk keseriusan kami dalam memberikan sarana dan prasarana edukasi untuk meningkatkan kapasitas SDM untuk memenuhi kualifikasi standar dunia.

5. Program Orientasi Calon Karyawan
Program ini mencakup class room dan on-the-job training. Melalui program ini kami ingin menyiapkan lingkungan yang kondusif untuk mengenal perusahaan, bisnis dan nilai-nilai perusahaan. Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi (knowledge, skill dan attitude) untuk menghadapi perubahan yang semakin cepat serta kesiapan sebagai calon karyawan. Menyadari adanya beragam latar belakang pendidikan dari calon karyawan, melalui program ini kami menitikberatkan pada pengetahuan seputar ativitas kepelabuhanan. Program orientasi yang diselenggarakan selama 3 (tiga) bulan ini dilaksanakan dalam berbagai tahap diantaranya :

 

5.a. Orientasi Berprestasi Dan Nilai Perusahaan
Pelaksanaan program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola, meningkatkan, dan mempertahankan motivasi yang tinggi, memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai dan perilaku inti perusahaan, serta mempersiapkan mental sebagai seorang pekerja IPC.


5.b. Kesemaptaan
Melalui pelatihan kesemaptaan, calon karyawan diharapkan memiliki integritas, disiplin, tanggung jawab,  bekerja sama dalam tim, sikap melayani, sigap fisik dan mental, dan pengambilan keputusan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Pelaksanaan program kesemaptaan ini, kami bekerja sama dengan  Sekolah Polisi Negara LIDO yang berlokasi di Ciawi, Jawa Barat.


5.c. Orientasi Pelabuhan
Calon pegawai IPC berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, untuk itu kami memberikan gambaran umum tentang proses bisnis perusahaan dan keterkaitan dengan industri maritim serta ruang lingkup regulasi, pengenalan hak dan kewajiban sebagai calon pekerja agar peserta dapat memahami lingkungan kerja perusahaan.


5.d. Orientasi Peran – Staf
Program orientasi peran – staff diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan peran sebagai staf dan pencapaian sasaran strategis perusahaan dan mempersiapkan kader-kader pemimpin perusahaan yang memiliki  kompetensi yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.


5.e. Orientasi Bidang
Dengan program orientasi bidang diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan teknis pada masing-masing bidang sesuai dengan formasi dan kebutuhan perusahaan.


5.f. On Job Training
On job training merupakan program penutup dari serangkaian program orientasi calon karyawan. Setelah melalui beragam program pelatihan, para calon karyawan kemudian dikirim ke salah satu dari 12 kantor cabang perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) untuk melakukan on job training. Program ini dilakukan dalam ragka menyiapkan calon pegawai untuk menerapkan secara langsung ilmu dan informasi  yang didapat selama program class room. Melalui on-job training kami berharap calon pegawai  mendapatkan pengalaman langsung melakukan pekerjaan baik itu dilapangan maupun dikantor. Program ini juga akan memberikan gambaran mengenai ragamnya kegiatan kepelabuhanan di setiap wilayah agar calon pegawai telah merasa siap untuk bekerja setelah serangkaian program orientasi karyawan selesai  dilaksanakan.



Share :