burgermenu burgermenu
logo-menu-mobile
logo-menu-mobile
Ind / Eng

Jambi

Hinterland Pelabuhan Jambi menghasilkan karet, kayu lapis, dan moulding, yang merupakan komoditi ekspor ke Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Jepang dan Korea

Cabang Pelabuhan Jambi awalnya terletak di kota Jambi (Boom Batu) dan mulai tahun 1996 dipindahkan ke Talang Duku, di hilir Sungai Batanghari, 10 kilometer dari kota Jambi. Sebagian besar kegiatan di Cabang Pelabuhan Jambi, adalah melayani bongkar muat barang curah, baik curah cair maupun curah kering.

Hinterland Pelabuhan Jambi menghasilkan karet, kayu lapis, dan moulding, yang merupakan komoditi ekspor ke Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Jepang dan Korea. Pelabuhan lain dalam lingkungan Cabang Pelabuhan Jambi adalah Pelabuhan Kuala Tungkal dan Pelabuhan Muara Sabak. Pelabuhan Kuala Tungkal terletak di muara sungai Pengabuan, sekitar 10 mil dari ambang luar. Dermaga Kuala Tungkal, terbuat dari beton sepanjang 156 m, saat ini lebih banyak untuk melayani kapal-kapal penumpang dengan tujuan Batam. Sedangkan Pelabuhan Muara Sabak terletak di sekitar 10 mil dari muara sungai Batanghari dan berada pada segitiga pertumbuhan Indonesia, Malaysia dan Singapura (IMS), serta berdampingan dengan area lintas perdagangan Singapura, Batam dan Johor (SIBAJO).

Dengan lokasinya yang strategis, Pelabuhan Muara Sabak, yang memiliki dermaga beton sepanjang 100 meter, akan berperan penting dalam memajukan pertumbuhan ekonomi dan perdagangan nasional. Pelabuhan Muara Sabak dirancang untuk menjadi pelabuhan modern yang terintegrasi dengan kawasan industri dan perdagangan. Pelabuhan ini telah dilengkapi dengan terminal peti kemas, terminal barang umum, terminal curah kering dan terminal curah cair. Aktivitas bongkar muat di Cabang Pelabuhan Jambi didominasi pelayanan cargo curah kering, curah cair dan peti kemas, terutama untuk komoditas batu bara, pupuk, CPO, BBM, dan perdagangan barang kebutuhan pokok antar pulau.



Fasilitas Pelabuhan

Alur
Panjang 200.942 m
Lebar 100 m
Kedalaman -3.0 s/d -9.0 m.LWS
Kolam
Luas 265.800 m²
Kedalaman -3.0 s/d -8.0 m.LWS
Dermaga
Panjang 477,4 m
Kedalaman -3.0 s/d -8.0 m.LWS
Gudang
Unit 2 Unit
Luas Area 3990 m²
Lapangan penumpukan
Luas Lapangan Konvensional 101.254,6 m²
Luas Lapangan Peti Kemas 33.869 m²

Fasilitas Peralatan

Alat bongkar muat
Fix Jib Crane 2
Rail Mounted Gantry Crane 3
Mobile Crane 2
Reach Stacker 1
Side Loader 1
Forklift Diesel 6
Wheel Loeader 1
Excavator 1
Head Truck 2
Terminal Tractor 7
Chassis 12
Conveyor 1
Alat apung
Motor Pandu 1
Alamat

Jl.Pelabuhan Talang Duku, Jambi 36251
T. 0741.35067, 074135068