burgermenu burgermenu
logo-menu-mobile
logo-menu-mobile
Ind / Eng

 

19 February 2020

Pelindo II Jalin Kemitraan dengan Operator Pelabuhan Rumania

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) (Persero) menjalin kerja sama kemitraan pelabuhan dengan operator Pelabuhan Constanta, Rumania. Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengharapkan kerja sama tersebut akan memperkuat konektivitas global, serta memperluas peluang bisnis dan perdagangan antara Indonesia dan Rumania.

“Indonesia dan Rumania sudah beberapa kali mendiskusikan peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan. Saya yakin, kemitraan yang tertuang di MoU ini akan memperbesar peluang kerja sama tersebut,” kata Elvyn dalam acara penandatanganan MoU antara IPC dan Operator Pelabuhan Constanta, di Contanta, Rumania, Selasa (18/2).

Dia mengatakan, Rumania beserta beberapa negara Eropa Timur lainnya mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Pertumbuhannya, kata dia, rata-rata lebih dari 4 persen pertahun dan Indonesia juga tumbuh sekitar lima persen setiap tahun.

“Hal itu mengisyaratkan adanya peningkatan kebutuhan dan permintaan. IPC melihat adanya peluang di sana,” tutur Elvyn.

Elvyn menilai kemitraan tersebut membuka peluang bagi kedua belah pihak berkolaborasi dengan semangat saling menguntungkan. Sebab kerja sama tersebut berkaitan dengan pengembangan bisnis dan operasional kepelabuhanan, studi banding, pengembangan, pelatihan personel, serta penguatan isu-isu lingkungan.

“Dengan kemitraan sister port ini, kedua pihak siap melakukan pertukaran informasi, teknologi, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam praktik-praktik baik terkait operasional kepelabuhanan,” jelas Elvyn.