burgermenu burgermenu
logo-menu-mobile
logo-menu-mobile
Ind / Eng

LOMBA ARTIKEL JURNALISTIK (Kategori Jurnalis)

Evolusi pelabuhan juga memasuki era baru yakni IPC yang menuju digital port, dimana transformasi dari terminal operators akan beralih menjadi trade facilitator. Oleh karena itu, IPC juga memiliki visi menjadi fasilitator perdagangan kelas dunia melalui penerapan digital untuk meningkatkan pertumbuhan, produktivitas dan mempromosikan culture yang fokus pada pengguna jasa. Dengan adanya digitalisasi pelabuhan IPC yang telah dimulai sejak tahun 2016 hingga saat ini, IPC telah mampu meningkatkan efektivitas layanan pelabuhan serta efisiensi sumber daya yang dibutuhkan di dalam pelabuhan dan sekitar pelabuhan. Transformasi digital di IPC meliputi enam pilar e-channel untuk mendukung transformasi digital pada pelabuhan. Adapun 6 pilar tersebut terdiri dari e-Registration, e-Booking, e-Tracking, e-Payment, e-Billing dan terakhir e-Care. Melalui 6 pilar ini tidak hanya akan mempermudah sisi pelayanan pelabuhan serta efisiensi waktu, tetapi juga mendorong kemajuan pelabuhan di Indonesia. Saat ini implementasi digital port terus dikembangkan, dimana digitalisasi yang dilakukan mencakup kegiatan di sisi laut maupun darat atau yang disebut Front-End yang terintegrasi dengan Back-End menggunakan Entreprise Resources Planning (ERP). Dalam waktu dekat IPC akan meluncurkan aplikasi logistik untuk memudahkan pergerakan barang mulai dari dermaga, pergudangan, hingga pendistribusiannya ke luar area pelabuhan. Aplikasi logistik dengan platform digital ini merupakan bagian dari upaya IPC untuk menjadi trade facilitator. Kita ingin semua operasional di pelabuhan menjadi lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah berbasis digital dan cashless.

LOMBA ARTIKEL JURNALISTIK

  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia  (WNI) yang berprofesi sebagai jurnalis/wartawan, baik tetap maupun lepas, yang bekerja  di media cetak dan online di seluruh Indonesia. 
  2. Artikel yang dilombakan merupakan karya asli, bukan saduran, bukan terjemahan atau rangkuman, bukan tergolong advetorial, dapat dipertanggungjawabkan dan belum pernah meraih penghargaan. 
  3. Artikel yang dilombakan sesuai dengan tema/subtema yang telah ditentukan. 
  4. Artikel yang akan diikutsertakan harus sudah dipublikasi di media cetak ataupun online dalam kurun waktu mulai 1 Januari 2019 s.d.24 November 2019 dan maksimal 5 artikel. 
  5. Artikel yang dikirimkan berupa soft copy dalam format file Word atau PDF
  6. Artikel yang akan diikutsertakan sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 24 November 2019, dengan melampirkan bukti penyiaran (scan atau klipping untuk media cetak dan link tautan berita untuk media online).
  7. IPC berhak menggunakan karya tulis atau artikel peserta (baik secara utuh ataupun mengutip materi di dalamnya) sebagai bagian dari publikasi non-komersilnya, seperti penerbitan keperluan internal Perusahaan (contohnya annual report; kalender; infografis; brosur program atau informasi pelayanan) dan publikasi terbatas pada media sosial Perusahaan dengan tetap mencantumkan nama penulis/jurnalis.
  8. Artikel akan dinilai oleh tim juri praseleksi, kemudian akan dinilai oleh tim juri final. 
  9. Melampirkan identitas diri (KTP/SIM), kartu NPWP, dan ID Press
  10. Karya dikirim ke alamat email : lombaartikelipc@gmail.com dengan subyek NAMA JURNALIS_JUDUL ARTIKEL_NAMA MEDIA_PIA2019
  11. KEGIATAN INI TIDAK DIPUNGUT BIAYA.
  12. Pemenang akan diundang dan diumumkan pada saat Gala Dinner Perayaan HUT IPC Ke 27, tanggal 06 Desember 2019.

Pelabuhan Sebagai Trade Facilitator
Sub tema : Pelabuhan Kelas Dunia; Digitalisasi Pelabuhan;
Integrasi Pelabuhan, Shipping Lines dan Industri

1. Wisnu Nugroho (Pemred Kompas.com)
2. Arifin Asydhad : Pemred Kumparan
3. Elvyn G. Masassya (Direktur Utama IPC)

*pajak ditanggung pemenang

 

Contact Person :
Nimbak : 0818 171 329
Desti     : 0813 1122 1300