burgermenu burgermenu
logo-menu-mobile
logo-menu-mobile
Ind / Eng

Menjadi fasilitator perdagangan kelas dunia melalui ekosistem kepelabuhanan

IPC mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan sebagai kata kunci seluruh aktivitas perusahaan dan harus menjadi budaya dan etika setiap elemen perusahaan dalam pelaksanaan tugasnya, sebagaimana yang tercermin dalam visi dan misi IPC

PT Pelabuhan Indonesia II (selanjutnya disebut “IPC” dan “Perseroan”) pada awalnya didirikan sebagai Perusahaan Umum (“Perum”) Pelabuhan II berdasarkan Peraturan Pemerintah (“PP”) No. 15 Tahun 1983 juncto PP No. 5 Tahun 1985. Perum Pelabuhan II merupakan Badan Usaha Milik Negara (“BUMN”) yang berada di bawah pembinaan Departemen Perhubungan Republik Indonesia. 

Berdasarkan PP No. 57 Tahun 1991, Perum Pelabuhan II mengalami pengalihan bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Sebagai tindak lanjut PP tersebut, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) didirikan berdasarkan Akta Notaris Imas Fatimah, S.H., No. 3 tanggal 1 Desember 1992. Akta pendirian ini telah memperoleh persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Keputusan No. C2- 4754.HT.01.01.TH.93 tanggal 17 Juni 1993.

Sejak terbentuknya Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada tahun 1998, Perusahaan berada di bawah pembinaan Kementerian BUMN. Anggaran Dasar Perusahaan telah beberapa kali mengalami perubahan, terakhir berdasarkan Pernyataan Keputusan Pemegang Saham yang diaktakan dalam Akta Notaris No. 03 dari Notaris Nanda Fauz Iwan, S.H., M.Kn., tanggal 2 Agustus 2013 mengenai penambahan modal ditempatkan dan disetor penuh Perusahaan. Perubahan Anggaran Dasar tersebut telah diberitahukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat Penerimaan Pemberitahuan No. AHU-AH.01.10-38219 tanggal 12 September 2013.

IPC merupakan Perusahaan BUMN Non Listed yang sahamnya 100% dimiliki oleh Kementerian BUMN selaku Pemegang Saham Negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, tidak terdapat informasi Pemegang Saham Utama maupun Saham Pengendali Individu di IPC. Negara Republik Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia merupakan satu-satunya pemilik dan Pemegang saham tunggal yang berhak atas 1.444.029 lembar saham dengan nilai nominal sebesar Rp1.000.000,00 atau seluruhnya sebesar Rp1.444.029.000.000,00 dalam Perseroan tersebut yang merupakan keseluruhan saham yang dikeluarkan dan ditempatkan serta disetor penuh dalam Perseroan hingga saat ini. Dengan demikian, IPC juga tidak menyajikan menyajikan rincian anggota Direksi atau Dewan Komisaris yang memiliki saham langsung maupun tidak langsung.

Visi Perusahaan
“Menjadi fasilitator perdagangan kelas dunia melalui ekosistem kepelabuhanan ”

Misi Perusahaan

Pelanggan & Mitra

Meningkatkan kualitas layanan dan produk dengan menggunakan teknologi dan kapabilitastermutakhir dan memaksimalkan aksesibilitas melalui integrasi produk dan di sepanjang rantainilai logistik untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan mitra.

Karyawan

Memaksimalkan kepuasan pegawai dengan berfokus pada kapabilitas dan meningkatkankesejahteraan pegawai dengan memperkuat integritas dan inovasi

Pemegang Saham

Memaksimalkan penciptaan nilai untuk pemegang saham melalui peningkatan kinerja keuangan danoptimalisasi manajemen tata kelola melalui best-practice GCG.

Masyarakat & Negara

Memastikan keamanan arus perdagangan dalam mendukung perekonomian Indonesia danmemaksimalkan nilai PDB Indonesia dengan efisiensi biaya logistik dalam peningkatankesejahteraan masyarakat.

Nilai Perusahaan

Amanah
______

Memegang teguh kepercayaan yang diberikan

  • Memenuhi janji dan komitmen.

  • Bertanggung jawab atas tugas, keputusan dan tindakan yang dilakukan.

  • Berpegang teguh kepada nilai moral dan etika

Kompeten
______

Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas

  • Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.

  • Membantu orang lain belajar.

  • Menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis
______

Saling peduli dan  menghargai perbedaan

  • Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.

  • Suka menolong orang lain.

  • Membangun lingkungan kerja yang kondusif

Loyal
______

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara 

  • Menjaga nama baik sesame karyawan, pimpinan, BUMN, dan Negara.

  • Rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

  • Patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika.

Adaptif
______

Terus berinovasi dan  antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan

  • Cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik.

  • Terus-menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi.

  • Bertindak proaktif

Kolaboratif
______

Membangun kerja sama yang sinergis

  • Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
  • Terbuka bekerja sama menghasilkan nilai tambah.
  • Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan Bersama
Roadmap Perusahaan
2020

WORLD CLASS

World class performance

2021

STRENGTHENING

Consistent world class performance

2022

VALUE CHAIN EXPANSION

Expansion of value chain presence

2023

VALUE CHAIN INTEGRATION

Holistic value chain presence

2024

WORLD CLASS TRADE FACILITATOR

Ecosystem player