burgermenu burgermenu
logo-menu-mobile
logo-menu-mobile
Ind / Eng

Menjadi fasilitator perdagangan kelas dunia melalui ekosistem kepelabuhanan

IPC mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan sebagai kata kunci seluruh aktivitas perusahaan dan harus menjadi budaya dan etika setiap elemen perusahaan dalam pelaksanaan tugasnya, sebagaimana yang tercermin dalam visi dan misi IPC

PT Pelabuhan Indonesia II (selanjutnya disebut “IPC” dan “Perseroan”) pada awalnya didirikan sebagai Perusahaan Umum (“Perum”) Pelabuhan II berdasarkan Peraturan Pemerintah (“PP”) No. 15 Tahun 1983 juncto PP No. 5 Tahun 1985. Perum Pelabuhan II merupakan Badan Usaha Milik Negara (“BUMN”) yang berada di bawah pembinaan Departemen Perhubungan Republik Indonesia. 

Berdasarkan PP No. 57 Tahun 1991, Perum Pelabuhan II mengalami pengalihan bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Sebagai tindak lanjut PP tersebut, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) didirikan berdasarkan Akta Notaris Imas Fatimah, S.H., No. 3 tanggal 1 Desember 1992. Akta pendirian ini telah memperoleh persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Keputusan No. C2- 4754.HT.01.01.TH.93 tanggal 17 Juni 1993.

Sejak terbentuknya Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada tahun 1998, Perusahaan berada di bawah pembinaan Kementerian BUMN. Anggaran Dasar Perusahaan telah beberapa kali mengalami perubahan, terakhir berdasarkan Pernyataan Keputusan Pemegang Saham yang diaktakan dalam Akta Notaris No. 03 dari Notaris Nanda Fauz Iwan, S.H., M.Kn., tanggal 2 Agustus 2013 mengenai penambahan modal ditempatkan dan disetor penuh Perusahaan. Perubahan Anggaran Dasar tersebut telah diberitahukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat Penerimaan Pemberitahuan No. AHU-AH.01.10-38219 tanggal 12 September 2013.

IPC merupakan Perusahaan BUMN Non Listed yang sahamnya 100% dimiliki oleh Kementerian BUMN selaku Pemegang Saham Negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, tidak terdapat informasi Pemegang Saham Utama maupun Saham Pengendali Individu di IPC. Negara Republik Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia merupakan satu-satunya pemilik dan Pemegang saham tunggal yang berhak atas 1.444.029 lembar saham dengan nilai nominal sebesar Rp1.000.000,00 atau seluruhnya sebesar Rp1.444.029.000.000,00 dalam Perseroan tersebut yang merupakan keseluruhan saham yang dikeluarkan dan ditempatkan serta disetor penuh dalam Perseroan hingga saat ini. Dengan demikian, IPC juga tidak menyajikan menyajikan rincian anggota Direksi atau Dewan Komisaris yang memiliki saham langsung maupun tidak langsung.

Visi Perusahaan
“Menjadi fasilitator perdagangan kelas dunia melalui ekosistem kepelabuhanan ”

Misi Perusahaan

Pelanggan & Mitra

Meningkatkan kualitas layanan dan produk dengan menggunakan teknologi dan kapabilitastermutakhir dan memaksimalkan aksesibilitas melalui integrasi produk dan di sepanjang rantainilai logistik untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan mitra.

Karyawan

Memaksimalkan kepuasan pegawai dengan berfokus pada kapabilitas dan meningkatkankesejahteraan pegawai dengan memperkuat integritas dan inovasi

Pemegang Saham

Memaksimalkan penciptaan nilai untuk pemegang saham melalui peningkatan kinerja keuangan danoptimalisasi manajemen tata kelola melalui best-practice GCG.

Masyarakat & Negara

Memastikan keamanan arus perdagangan dalam mendukung perekonomian Indonesia danmemaksimalkan nilai PDB Indonesia dengan efisiensi biaya logistik dalam peningkatankesejahteraan masyarakat.

Nilai Perusahaan

Customer Centric
Meet Customer Expectation
  • Secara proaktif mencari tahu serta memahami kebutuhan pelanggan untuk memberikan solusi-solusi yang inovatif;
  • Membangun hubungan jangka panjang yang baik dengan para pelanggan
  • Secara konsisten memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas untuk membantu para pelanggan tumbuh dan berkembang
Integrity
Walk The Talk
  • Menumbuhkan rasa percaya dengan mengatakan apa yang kita rasakan serta melakukan apa yang kita ucapkan.
  • Menunjukan sikap profesional dan jujur dalam berinteraksi dengan pihak internal maupun eksternal.
  • Berperilaku disiplin dan patuh terhadap kode etik bisnis di dalam melakukan pekerjaan kita sehari-hari
Nationalism
National Pride
  • Menumbuhkan semangat dan ikut berperan mensukseskan program pemerintah dalam pembangunan nasional
  • Menumbuhkan rasa bangga dan semangat nasionalisme dalam berkarya
  • Terus berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan pengelola pelabuhan kelas dunia
Team Work
Together We Can
  • Berkolaborasi dalam tim untuk mendapatkan hasil yang terbaik
  • Bekerja bersama-sama menghasilkan ide-ide implementatif untuk solusi kebutuhan pengguna jasa pelabuhan
  • Semangat kebersamaan dan menhargai orang lain
Action
Make It Happen
  • Berani bermimpi dan berusaha mewujudkannya
  • Proaktif untuk mencari cara dalam mewujudkan visi perusahaan
  • Melakukan terobosan-terobosan dan langkah nyata dalam mendorong perkembangan perusahaan
Roadmap Perusahaan
2020

WORLD CLASS

World class performance

  • Establishment Of Global Foot Print
  • Establishment Of  World Class Terminal Operator
  • Implementation Of Green Port & Smart Port
  • Excellence Competing Subsidiaries
  • Initiation Integrated Port Network (IPN) & Implementation Proyek Strategis Nasional (PSN)
2021

STRENGTHENING

Consistent world class performance

  • Electric crane use for ~30% of port operations use
  • Leading operations with top productivity  levels across all activities
  • Implementation of  predictive maintenance
  • Fully maximized land usage by utilizing idle lands to develop new business areas
  • Pelindo Incorporated Initiatives
  • Freight Marketplace establishment
2022

VALUE CHAIN EXPANSION

Expansion of value chain presence

  • JV/KSO with last mile logistics service provider
  • Product launch of data monetization products
  • JV/KSO with local credit insurance service provider
  • Strategic projects
2023

VALUE CHAIN INTEGRATION

Holistic value chain presence

  • Product launch of partnership logistics services
  • Product launch of warehouse center with potential business / e-commerce players
  • Product launch of ecosystem development tools
  • Integration with key account management to boost throughput
2024

WORLD CLASS TRADE FACILITATOR

Ecosystem player

  • Product launch of data monetization products (e.g Ocean Freight Benchmarking)
  • Set up and agreement of one PMO of KEK development
  • Fully realized smart and green terminal
  • CBL Port Development