Ind / Eng

Operator Pelabuhan Kelas Dunia di Indonesia

IPC mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan sebagai kata kunci seluruh aktivitas perusahaan dan harus menjadi budaya dan etika setiap elemen perusahaan dalam pelaksanaan tugasnya, sebagaimana yang tercermin dalam visi dan misi IPC

PT Pelabuhan Indonesia II (selanjutnya disebut “IPC” dan “Perseroan”) pada awalnya didirikan sebagai Perusahaan Umum (“Perum”) Pelabuhan II berdasarkan Peraturan Pemerintah (“PP”) No. 15 Tahun 1983 juncto PP No. 5 Tahun 1985. Perum Pelabuhan II merupakan Badan Usaha Milik Negara (“BUMN”) yang berada di bawah pembinaan Departemen Perhubungan Republik Indonesia. 

Berdasarkan PP No. 57 Tahun 1991, Perum Pelabuhan II mengalami pengalihan bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Sebagai tindak lanjut PP tersebut, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) didirikan berdasarkan Akta Notaris Imas Fatimah, S.H., No. 3 tanggal 1 Desember 1992. Akta pendirian ini telah memperoleh persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Keputusan No. C2- 4754.HT.01.01.TH.93 tanggal 17 Juni 1993.

Sejak terbentuknya Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada tahun 1998, Perusahaan berada di bawah pembinaan Kementerian BUMN. Anggaran Dasar Perusahaan telah beberapa kali mengalami perubahan, terakhir berdasarkan Pernyataan Keputusan Pemegang Saham yang diaktakan dalam Akta Notaris No. 03 dari Notaris Nanda Fauz Iwan, S.H., M.Kn., tanggal 2 Agustus 2013 mengenai penambahan modal ditempatkan dan disetor penuh Perusahaan. Perubahan Anggaran Dasar tersebut telah diberitahukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat Penerimaan Pemberitahuan No. AHU-AH.01.10-38219 tanggal 12 September 2013.

Visi Perusahaan
“Menjadi Pengelola Pelabuhan Kelas Dunia yang Unggul dalam Operasional dan Pelayanan ”

Misi perusahaan

Pelanggan & Mitra

Menyediakan, membangun dan mengoperasikan pelayanan kepelabuhanan dan logistik secara terintegrasi, berkualitas dan handal untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan mitra;

Karyawan

Menciptakan lingkungan yang nyaman bagi karyawan, mewujudkan Insan perusahaan yang fokus pada pelanggan, berintegrasi, bangga kepada perusahaan dan budayanya, serta memberikan kesejahteraan dan kepuasan kepada karyawan.

Pemegang Saham

Memaksimalkan nilai perusahaan bagi pemegang saham dan meningkatkan kesehatan perusahaan secara professional dengan memenuhi aspek-aspek tata kelola perusahaan yang baik.

Masyarakat & Negara

Menjamin kelancaran dan keamanan arus kapal dan barang untuk mewujudkan efisiensi biaya logistik dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi nasional yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat

Nilai Perusahaan

Customer Centric
Meet Customer Expectation
  • Secara proaktif mencari tahu serta memahami kebutuhan pelanggan untuk memberikan solusi-solusi yang inovatif;
  • Membangun hubungan jangka panjang yang baik dengan para pelanggan
  • Secara konsisten memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas untuk membantu para pelanggan tumbuh dan berkembang
Integrity
Walk The Talk
  • Menumbuhkan rasa percaya dengan mengatakan apa yang kita rasakan serta melakukan apa yang kita ucapkan.
  • Menunjukan sikap profesional dan jujur dalam berinteraksi dengan pihak internal maupun eksternal.
  • Berperilaku disiplin dan patuh terhadap kode etik bisnis di dalam melakukan pekerjaan kita sehari-hari
Nationalism
National Pride
  • Menumbuhkan semangat dan ikut berperan mensukseskan program pemerintah dalam pembangunan nasional
  • Menumbuhkan rasa bangga dan semangat nasionalisme dalam berkarya
  • Terus berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan pengelola pelabuhan kelas dunia
Team Work
Together We Can
  • Berkolaborasi dalam tim untuk mendapatkan hasil yang terbaik
  • Bekerja bersama-sama menghasilkan ide-ide implementatif untuk solusi kebutuhan pengguna jasa pelabuhan
  • Semangat kebersamaan dan menhargai orang lain
Action
Make It Happen
  • Berani bermimpi dan berusaha mewujudkannya
  • Proaktif untuk mencari cara dalam mewujudkan visi perusahaan
  • Melakukan terobosan-terobosan dan langkah nyata dalam mendorong perkembangan perusahaan
Roadmap Perusahaan
2016

Fit In Infrastructure

Fine Tuning In Every Area

  • Governance: Business Process, SOP; Structure;
  • Culture;
  • Corporate And Sub Business Model/Restructuring;
  • Re-Define Business.
2017

Enhancement

Strengtening / Enchancing Business

  • Operational And Service In Procurement;
  • Expansion Of Subsidiaries;
  • Infrastructure Development (Greenfiel; Project) And Holding;
  • Optimize IT Utilization.
2018

Establishment

Establishment Of Performance

  • Volume Growth;
  • Profitability Growth;
  • Holding Establishment
2019

Sustainable

Sustainable, Superior Performance

  • Growth Strategy : Non-Organic & Organic Growth;
  • Nationonal Connectivity Program By Implementing Strategic Project;
  • Global Expansion Program.
2020

World Class

World Class Performance

  • Establishment Of Global Footprint;
  • Establishment Of World Class Terminal Operator;
  • Implementation Of Green Port And; Smart Port In Primary Ports;
  • Excellence Competing Of Subsidiaries.